Budidaya Maggot Menjadi Salah Satu Solusi Permasalahan Limbah Yang Ditawarkan DPRKPLH Untuk Ciamis

Isu mengenai limbah saat ini sangat banyak diperbincangkan, hal ini tidak terlepas dengan hadirnya limbah yang terus saja semakin hari semakin bertambah, dan hal inilah yang dikeluhkan oleh masyarakat Ciamis. Permasalahan limbah ini juga mendapatkan sorotan dan juga perhatian dari pemerintah Ciamis sehingga berbagai upaya terus dilakukan untuk mengatasi permasalahan limbah ini, Salah satu solusi yang ditawarkan oleh DPRKPLH untuk mengatasi banyaknya limbah ini adalah dengan cara melakukan budidaya telur lalat hitam atau lebih dikenal dengan sebutan maggot. Pemerintah terus melakukan upaya untuk mensosialisasikan maggot ini kepada masyarakat Ciamis.

Bayu Rahmana yang merupakan Kepala Bidang Kebersihan Persampahan dan Pertamanan, DPRKPLH atau Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup mengatakan jika budidaya telur lalat hitam atau maggot ini akan berlokasi di desa Handapherang,  Kecamatan Cijeungjing. Ia juga mengungkapkan jika telur lalat hitam atau maggot ini memiliki kandungan protein yang sangat bagus dan tinggi untuk dijadikan sebagai pakan unggas atau pakan ikan. Sehingga dengan kandungan protein yang tinggi tersebut akan membantu ikan atau unggas bebas dari berbagai serangan penyakit dan juga menjadi sumber makanan yang sehat bagi ikan dan unggas.

Pemilihan maggot atau telur lalat hitam ini sebagai salah satu solusi adalah karena maggot ini dinilai mampu untuk mengubah sampah- sampah dan juga limbah organik menjadi makanan yang bisa dikonsumsi oleh beberapa hewan pengurai lainnya dan juga sebagai pakan unggas. Adapun limbah yang saat ini paling banyak menjadi permasalahan di Kota Ciamis adalah mengenai limbah tahu, limbah ternak dan juga limbah gula aren serta limbah rumah tangga.

Saat ini budidaya telur lalat hitam atau maggot ini juga sudah mulai dijalankan oleh beberapa petani dan juga peternak ikan di kawasan Pawindan, Banjaranyar dan di kawasan Panumbangan. Dari beberapa penuturan warga, dimana mereka mengatakan banyak sekali manfaat dan juga keuntungan yang sudah mereka dapatkan dengan membudidayakan telur lalat hitam ini, dan sangat membantu dalam menangani permasalahan limbah selama ini.